Label

Rabu, 08 Agustus 2012

Deritaku Juga Senyumanku


Anggap saja namaku siska,,aku adalah buah hati dari pasangan suami istri hadi dan rita.hidup ku sangat bahagia karna aku meiliki orang tua seperti mereka,setiap hari bercanda tawa bersama,jalan jalan,makan makan bersama dan masih banyak lagi hal2 yang menarik  yang tidak dapat ku ceritakan sampai selesai.tapi kebahagian itu hanya sementar ku rasakan,saat ibu ku mengandung anak keduanya (adikku) ternyata ayah ku berselingkung dengan perempuan lain…saat itu aku masih berumur 4 tahun.
aku tidak tau apa yang terjadi tiba2 hidupku berubah sangat drastis.aku mersa sangat sedih karna ternyata perempuan itu jga dihamili oleh ayahku…aku merasa aku adalah orang yang paling menderi sedunia,seiring dengan berjalannya waktu aku dan adikku pun bertumbuh besar,begitu pula dgn anak perempuan yang bernama shinta itu, adikku yang merasa disia-sia kan sangat membenci ayahku,sangat terlihat dendam dihatinya..begitu juga denganku
Ibu ku yang bersusah payah menghidupi keluarga kami hingga bekerja dari malam sampai pagi,sedangkaan perempuan itubersama ayahku  tidak merasa bersalah seditkit pun kepada kami membuatku ingin membunuhnya..
Aku sangat merasa kasihan melihat ibuku yang begitu bekerja keras agar kami menjadi orang   yang berguna baik itu untuk kami sendiri maupun untuk orang lain..
Saat aku duduk di kelas 4 sd ternyata ibuku juga menikahi seorng lelaki yang lebih muda darinya,,disini hatiku bertambah sedih..karna ibuku menikahinya tanpa membicarakannya terlebih dahulu  padaku..aku sangat terburuh sampai2 aku merasa ingin mati saja dari pada hidup dengan ayah tiri..tetapi seiring berjalannya waktu aku mengerti bahwa ibuku juga ingin merasa kan kebahagiaan nya kembali..
Dan sampai sekarang aku sudah mengerti bahwa tidak ada buruknya memiliki 4 orang tua..

Dari kisahku ini aku mengambil kesimpulan bahwa manusia itu tidak akan selalu merasa bahagia,tetapi juga akan merasakan kesedihan…
Dan aku jga bias mengambil kesimpullan bahwa angka 4 bisa saja menjadi  angka keberuntungan dan angka sial bagi diriku karna semuanya terjadi pada angka 4!

                                                                                                                           

Senin, 30 Juli 2012

Tugas Web Design


Instalasi XAMPP 1.7.7

1.      Klik file yang sudah di download
2.       Pilih Bahasa yang digunakan, Klik OK




3. Pesan dibawah merupakan peringatan untuk mematikan User Account Control, Klik OK

4. Klik Next >





5. Klik Next >




6.Klik Install




7. Tunggu sampai Proses Instalasi selesai, kemudian klik Next >



8.maka akan muncul tampilan seperti ini








9. Klik Finish. Proses Installasi Selesai





Menjalankan XAMPP 1.7.7


Jumat, 29 Juni 2012

suju

buat temen-temen yang suka banget sama super junior kali ini aku kasih deh beberapa foto-foto mereka :D

-Seorang Lee Donghae dimata Sang Magnae, Kyuhyun-

“Tak peduli bagaimana aku mengatakannya, Donghae hyung mempunyai tempat yang sangat tinggi dalam hatiku. Aku ingat ketika pertama kali bergabung dengan Super Junior menjadi anggota yang ke-13, aku merasa sangat tidak nyaman, tapi hyung selalu memberiku kekuatan, setiap kali aku depresi, ia selalu ada untuk mendorongku, aku benar-benar cinta hyung seperti ini.” “Ini adalah pertama kalinya aku berada jauh dari rumah seperti pergi dalam waktu yang lama ke luar negeri. Fans kami memberikan kehangatan, tetapi aku tetap tidak bisa menhgilangkan kerinduanku dari orang tuaku, dan itu adalah pertama kalinya aku mengerti Han Geng hyung dan rasa sakitnya Kibum hyung. Aku ingin menangis karena aku merindukan orang tuaku, tapi Donghae hyung selalu ada untuk menghibur ku diam-diam. Aku tahu bahwa hyung merindukan orang tuanya lebih daripada orang lain – ayahnya sekarang di surga, dan ibunya di Mokpo. Bahkan jika ia memang menyebutkan ayahnya, yang telah meninggal, hyung tak pernah menangis di depan kamera. Memiliki kepribadian yang sensitif, hyung sering menangis karnanya, tetapi karena ia telah berjanji dengan ayahnya bahwa dia tidak akan menangis, ia tidak pernah menangis lagi karena kesedihan. Hyung begitu tampan ketika dia kuat” “Hyung juga sangat tampan ketika dia bekerja keras. Dalam management kami, hyung terkenal “training worm,” kalian bisa menemukannya sering di ruang latihan. Sejak itu, aku sering pergi ke ruang latihan untuk menemukannya, dan kemudian ketika aku melihat bahwa ia bekerja sangat keras berlatih tari-nya, tapi dia masih dengan tersenyum di wajahnya, aku sangat tersentuh” inilah Donghae, samudra itu, laut itu, air itu, yang tak pernah menyerah “Sebelum kita datang ke Cina, hyung selalu membawa notebook dalam tas, penuh dengan catatan untuk belajar bahasa Cina. Di Cina, apakah saat Fan Meeting, atau ketika dia berada di dorm, dia selalu bekerja keras mencoba berkomunikasi dengan bahasa Mandarin, dia selalu mengejar Han Geng hyung dan bertanya tentang ini dan itu. Dan bahkan ketika kita kembali ke Korea, dia selalu membual tentang keterampilan Cina. Dialah Hyung yang sangat cute” SEBENARNYA AKULAH HYUNG. Sifat kekanak-kanakan sepenuhnya mengisi kehidupan hyung. Dia benar-benar sangat nakal. Begitu aku berbagi kamar dengan Donghae hyung di hotel, saat aku berkecimpung dengan komputerku, aku bertanya-tanya mengapa Donghae hyung begitu diam [ga ribut]. Ketika aku mengangkat kepala untuk melihat, ia berbaring dan menggambar di sofa. Di asrama, kalian dapat selalu melihat Donghae melompat-lompat seperti monyet, sangat penuh energi, selalu tampak muda. gara-gara ini memberi Han Geng hyung, yang kini pemimpin SJ-M, sering sakit kepala” “Hyung sangat cantik, mata ekspresif, emosinya selalu ditunjukkan oleh matanya dengan nyata, dengan tidak ada yang tersembunyi. Donghae hyung benar-benar membuat orang lain seperti dia karena anak-seperti tidak bersalah. Tapi hyung sangat berbeda ketika dia tenang. Dia pergi ke sudut diam-diam, mengenakan headphone, dan jarak menjauh. Tak seorang pun tahu apa yang dia pikirkan, dia benar-benar dalam dunianya sendiri, orang tidak akan pernah percaya bahwa dia adalah biasanya sangat bersemangat yaitu seorang Donghae hyung” “Donghae hyung bisa sangat lucu kadang-kadang. Sebagai contoh, pada saat show, dia selalu berkata dalam bahasa Cina “Aku tahu,” dan “Aku bisa mengerti.” Tetapi ketika MC membiarkan dia berbicara, dia tampak benar-benar hilang kata2. Dan ketika kami pergi ke Nanjing untuk mempromosikan untuk pertama kalinya, panitia mengundang kami untuk makan Nanjing yang sangat lezat salt water duck [makanan bebek], dan setelah itu ia suka dengan bebek. Ketika itu sedang bersiap pergi Nanjing, ia tiba-tiba mengeluarkan 2 salt water duck dari tasnya di bandara. Tak seorang pun tahu kapan ia membeli itu. Itu sangat mengejutkan” “Hyung sangat berhati-hati mengenai gambaran dirinya. Di dorm kami, ia akan memecahkan jerawat di wajahnya, dan kemudian terlihat sangat frustrasi. Di Cina, karena lingkungan berbeda, pada awalnya ia tidak terbiasa, benar-benar ada jerawat di wajahnya. Aku juga. Pada waktu itu, hyung selalu akan berkata kepadaku, “Kyuhyun ah, metode ini sangat efektif dalam menghilangkan jerawat.” Maka ia akan menyeretku untuk mencoba mengeluarkan “Resep rahasia menghilangkan jerawat” bersama, yang mungkin seperti masker wajah, atau bahwa jenis produk perawatan kulit. Setelah mencoba berkali-kali, wajah hyung benar-benar menjadi lebih baik, tapi aku tidak, jadi dia selalu membuat ku agar makan banyak sayuran dan buah-buahan, dan mengatakan bahwa itu yang baik untuk kesehatanku.” “Kamu harus sehat,” ini pasti kata-kata keinginan hyung yang sering Ia katakan. Aku berkomitmen ini secara mendalam dalam hatiku. Ini juga Donghae hyung yang paling Ia harapkan untuk semua orang. Setelah mengalami kepergiaan ayahnya dan kecelakaan member waktu itu, Donghae hyung menjadi lebih kuat” Jadi intinya, Kyuhyun ingin menyebutkan bahwa dia sangat kagum dan salut terhadap ketabahan dan kekuatan yang dimiliki oleh seorang Lee Donghae.

Jumat, 20 April 2012

Lirik Lagu Hope Is A Dream That Doesn’t Sleep – Kyuhyun Super Junior (Ost Baking King, Kim Tak Goo)

Lirik

==Romanji==

na oerowododoe neol saenggakhalddaen
misoga naui eolgule beonjyeo
na himdeuleododoe niga haengbokhalddaen
sarangi nae mam gadeukhi chaewo

oneuldo nan geochin sesangsoke saljiman
himdeuleodo nungameumyeon ni moseubbun
ajikgo gwitgae deulryeooneun kkumdeuli
naui gyeoteseo neol hyanghae gago itjana

nae salmi haruharu kkumeul kkuneun geotcheoreom
neowa hamgge majubomyeo saranghalsu itdamyeon
dasi ileoseol geoya

naege sojunghaetdeon gieoksokui haengbokdeul
himdeun sigan sokeseodo deouk ddaseuhaetdeon
huimangeun naegen jamdeulji aneun kkum

neul naui gyeoteseo geurimjacheoreom
joyonghi neoneun naegero waseo
na apahaneunji maeil oerounji
geuriumeuro neoneun naege danyeoga

sesangi nal ulge haedo naneun gwaenchana
hangsang niga naui gyeote isseunigga
meonjicheoreom chueoki byeonhaeseo ddeonalgga
geujeo useumyeo maeumeul dalraeeo bwado

nae salmi haruharu kkumeul kkuneun geotcheoreom
neowa hamgge majubomyeo saranghalsu itdamyeon
dasi ileoseol geoya

naege sojunghaetdeon gieoksokui haengbokdeul
himdeun sigan sokeseodo deouk ddaseuhaetdeon
huimangeun naegen jamdeulji aneun kkum

sueobsi neomeojyeo biteuldaedo
naneun ireohgeseo itjana
nae mam hanabbuninde
himdeul ddaemyeon niga ireohge himi dwaejulrae
neoreul hyanghae yeongwonhi

ireohge sangcheo soke seulpeumdeuleul samkinchae
miso jitneun nae moseubeul neoege boyeo julge
ijeneun apeuji ana

eonjena neowa hamgge irugopeun kkum ango
galsu eobdeon jeopyeoneseo neoreul bulreobolgge
nae maeum dahae saranghaneun neoreul

==Translate English==

It doesn’t matter if I get lonely. When I think about you,
a smile will flicker onto my face
It doesn’t matter if there are hard times. Whenever you are happy,
my heart will be filled with joy
The world that I walk through today,
even if it‘s not easy, if I close my eyes, I could see your face once again
The dream that continues to run around me,
has turned from my side to you
Everyday, my life is like a dream
Being with you and loving you has allowed me to stand firm again
To me, the precious memories of our happiness
Will stay warm to even during the hard times
Hope is my dream that will not fall asleep
Like a shadow that’s by my side,
silently you come to me
Regardless if I am in pain, whether there are lonely days,
you come to me
I don’t mind if the world will make me cry,
because you are always with me
Like dust, would memories dissipate?
I smile a little, just to comfort my own heart
Everyday, my life is like a dream
Being with you and loving you has allowed me to stand firm again
To me, the precious memories of our happiness
Will stay warm to me even during hardships
Hope is my dream that will not fall asleep
Numerous times, I have stagger and fall
But I continue to stand back up
There’s only one heart of mine
During hard times, you become my strength
Forever my heart will face you
I will swallow all my hurt,
and show you my smiling face
From now on, I will not be in pain anymore
Regardless of what, I’ll embrace hope and realize our hope together
I’ll try calling out to you in a place where I cannot reach
I will use my whole heart to love only you

==Translate Indonesia==

Tidak masalah jika aku kesepian. Ketika saya berpikir tentang kamu,
tersenyum akan berkedip ke wajahku
Tidak masalah jika ada masa-masa sulit. Setiap kali kamu senang,
hati saya akan dipenuhi dengan sukacita
Pada dunia bahwa aku berjalan melalui hari ini,
bahkan jika itu tidak mudah, jika saya menutup mata saya, saya bisa melihat wajah kamu sekali lagi
Mimpi yang terus berjalan di sekitar saya,
telah berpaling dari sisi saya untuk kamu
Setiap hari, hidup saya seperti mimpi
Menjadi dengan kamu dan mencintai kamu telah memungkinkan saya untuk berdiri teguh lagi
Bagi saya, yang berharga kenangan kebahagiaan kita
Akan tetap hangat bahkan selama masa-masa sulit
Harapan adalah mimpi saya yang tidak akan tertidur
Seperti bayangan yang di sisiku,
diam-diam kau datang padaku
Terlepas jika saya sakit, apakah ada hari kesepian,
kamu datang padaku
Saya tidak keberatan jika dunia akan membuat saya menangis,
karena kamu selalu dengan saya
Seperti debu, akan kenangan menghilang?
Aku tersenyum sedikit, hanya untuk kenyamanan hati saya sendiri
Setiap hari, hidup saya seperti mimpi
Menjadi dengan kamu dan mencintai Anda telah memungkinkan saya untuk berdiri teguh lagi
Bagi saya, yang berharga kenangan kebahagiaan kita
Akan tetap hangat untuk saya bahkan selama kesulitan
Harapan adalah mimpi saya yang tidak akan tertidur
Banyak kali, saya terhuyung-huyung dan jatuh
Tapi aku terus berdiri kembali
Hanya ada satu hati saya
Selama masa sulit, Anda menjadi kekuatan saya
Selamanya hati saya akan menghadapi Anda
Aku akan menelan semua menyakiti saya,
dan menunjukkan wajahku tersenyum
Mulai sekarang, saya tidak akan sakit lagi
Terlepas dari apa, saya akan merangkul berharap dan mewujudkan harapan kita bersama
Saya akan mencoba memanggil kamu di tempat di mana aku tidak bisa mencapai
Saya akan menggunakan segenap hatiku untuk mencintai hanya kamu

cerita kyuhyun tentang kecelakaan tahun 2007



sebenarnya ngga pengen posting tentang tragedi mengerikan itu.
kalau inget bener bener bikin nangis, tapi tak apalah. ======================================
Kyuhyun:
Ini mungkin kali pertama aku menceritakan kecelakaan ini di televisi. Kecelakaan itu terjadi pada malam tepatnya 3 tahun yang lalu. Saat itu, kebetulan aku dan Shindong menjadi bintang tamu di acara Sukira, setelah menyelesaikan siaran radio tersebut, kami bergegas pulang, saat itu jalanan lapang, aku sendiri tertidur di dalam mobil, mataku terpejam saat itu sambil mendengarkan music.
Tiba – tiba ada suara keras menganhantam, dan mobil-pun berputar beberapa kali sebelum akhirnya terhempas ke sisi jalan dan aku langsung pingsan seketika. Saat membuka mata, aku sudah tergelatak di jalanan dan aku seketika itu sadar setelah melihat mobil yang kami tumpangi terbalik bahwa telah terjadi kecelakaan.
Aku berusaha untuk bangun sekuat tenaga, tapi tiba – tiba ada cahaya putih melesat di depan mataku dan semuanya terlihat bergerak seperti rol film. Flashback gambar – gambar dari saat pertama aku masuk bangku sekolah, adegan berlibur bersama keluargaku, kali pertama bernyanyi diatas panggung, dan aku merasa..ah..mungkin sepeti inikah yang dirasakan sebelum ajal menjemput ?
Dan yang kutahu saat itu, Eunhyuk berlari menghampiriku dan menggenggam tanganku erat, dan aku menangis kemudian berdoa meminta agar Tuhan mau membiarkanku tetap hidup. Eunhyuk-pun ikut berdoa disampingku, kemudian semua terasa gelap, dan ketika membuka mata, aku sudah berada di ranjang rumah sakit, setelah mengalami koma selama 4 hari.
Leeteuk:
Mobil kami berputar 2 kali sebelum terbalik. Aku langsung mengira saat itu merupakan akhir hidupku sebelum akhirnya pingsan. Aku tidak bisa membuka sebelah mata, karena separuh lebih wajahku sudah bersimbah darah, hingga akhirnya aku mendapat 150 jahitan. itu sebabnya mobil ambulance langusng menuju tempatku pertama kali. Sedangkan Kyuhyun tergeletak di seberang jalan, dengan keadaan dimana 6 tulang rusuknya patah.
Kyuhyun:
6 Tulang rusuk-ku di dada patah karena posisiku di dalam mobil berada di belakang kursi pengemudi. Dokter mengatakan pada keluargaku juga pegawai perusahaan “anak ini sudah sekarat, dia harus dioperasi melalui tenggorokan untuk membuka saluran pernapasannya, tapi persentase keberhasilan operasinya hanya 20 %”
Tapi tak kusangka ayahku akan menolak dan berkata “Anak ini seorang penyanyi, bernyanyi adalah impiannya selama ini, jika kalian mengoperasi tenggrokkannya, bukankah itu sama saja dengan kalian merebut harapannya yang terakhir ? Kalaupun ia mampu bertahan hidup, tapi apa ia mampu melanjutkan hidupnya ?
Dokter yang waktu itu hendak meng-operasiku sempat marah ketika mendengar jawaban ayah, “ Apa kau sudah gila ? nyawa anakmu diujung tanduk, dan kau masih berpikir soal menyanyi ? Kita harus segera melakukan operasi apapun yang terjadi !”
Selagi ayahku dan dokter tersebut berdebat tentang jalan operasiku, dokter itu muncul. Dia dokter dari China, aku masih ingat namanya hingga kini ~ Professor Wang YongJok**. Ia menenangkan ayahku dan memberikan jalan keluar yang lain…” Biarkan anak itu tetap bisa bernyanyi, aku akan mencari metode operasi yang lain…”
Yang aku tahu selama ini, ayahku adalah orang pertama yang menentang keinginanku menjadi seorang penyanyi. Ayahku memiliki profesi berlatar belakang pendidikan, karenanya setiap kali aku mengutarakan cita – cita tersebut, ia selalu menentang “ Bagaimana mungkin aku yang berkecimpung di dunia pendidikan memiliki anak seorang penyanyi “
Tapi ayah yang selama ini terus bersikeras menentang impianku, ternyata dengan caranya sendiri yang tidak kuketahui, berusaha melindungi mimpi itu untukku. Saat aku diceritakan tentang hal ini, aku langsung menangis sejadi – jadinya.
Kang Hodong: Berapa lama hingga akhirnya kau bisa kembali ke atas panggung
Kyuhyun:
Aku kembali setelah 5 bulan, saat itu, ketika aku kembali bernyanyi diatas panggung, hingga lagu usai, tak peduli apa dia fans SJ atau fans artis lain, setiap kali aku muncul mereka terus berteriak menyemangatiku
Aku begitu terharu dan merasa seperti terlahir kembali. Bisa kembali bernyanyi, kembali beraktifitas dengan member yang lain, bisa melihat para penggemarku, bisa berjalan, mampu menyantap makanan dan melanjutkan hidup, aku sangat mensyukuri akan semua itu.
Aku berterima kasih kepada ayah, yang terus melindungi impianku hingga saat – saat terakhir dan pada eunhyuk, yang pertama berlari menghampiriku, dan terus menggenggam tanganku erat sambil berdoa disisiku.
Kecelakaan mobil terjadi pada bulan April 2007..
Dia berkata, “Waktu itu saya berpikir bahwa saya akan mati. Aku koma selama 4 hari. Dokter mengatakan bahwa aku punya kesempatan hanya 20% dengan tulang rusuk saya yang telah hancur dan paru-paru saya. “
Kyuhyun menambahkan, “Ayah saya mengatakan kepada dokter untuk tidak mengambil vokal saya untuk di operasi hingga saya masih bisa bernyanyi. Setelah itu, ketika aku mengetahui kebenaran itu aku menangis. Itu karena ayah saya selalu keberatan saya menjadi seorang penyanyi, namun ia telah melindungi impian saya untuk menjadi seorang penyanyi. “
Kyuhyun harus menunggu waktu 5 bulan untuk pulih dari kecelakaan itu, “Saya merasa seperti saya menjalani kehidupan baru.”

Sabtu, 04 Februari 2012

Sejarah Islam di Thailand





Thailand merupakan salah satu negara diantara negara negara di kawasan asia tenggara. Secara geografis, kawasan asia tenggara merupakan kawasan antara benua Australia dan daratan China, daratan India sampai laut China. dengan begitu, thailand cukup mudah untuk dijangkau para pelancong dari zaman ke zaman untuk mencari penghidupan maupun penyebaran agama.

Mayoritas penduduk Thailand beragama Budha, hanya sedikit yang beragama Islam dan Konghucu. Akan tetapi umat Islam di Thailand merupakan minoritas yang berkembang cepat dan merupakan minoritas terbesar setelah China, The Muslims are a significant minority group in Thailand. They are the second largest minority next to the Chinese. Seperti halnya kaum minoritas di negara-negara yang lain, kawasan Thailand bagian selatan yang merupakan basis masyarakat melayu-muslim adalah daerah konflik agama dan persengketaan wilayah dengan latar belakang ras dan agama yang berkepanjangan. Lebih lebih ketika kerajaan melayu dihapuskan pada tahun 1902, masyarakat melayu Pattani dalam keadaan sangat tertekan. Khususnya pada pemerintahan Pibul Songgram (1939-44), orang Melayu telah menjadi mangsa dasar asimilasi kebudayaan. Bahkan sampai saat inipun masyarakat muslim minoritas Pattani Thailand menghadapi diskriminasi komplek dan teror yang berlarut-larut. Sehingga kehidupan sosial maupun politik menjadi sangat terbatas. Hal ini senada dengan apa yang dikatakan Nik Anuar,

“Sengketa di perbatasan negeri berlaku di merata dunia sepanjang masa. Bukan sedikit tentera dan orang awam terkorban sebelum Bukit Golan jatuh ke tangan Israel, India dan Pakistan berbalah hingga ke saat ini bagi mengesahkan hak ke atas Kashmir. Demikian juga halnya dengan isu Patani, Mindanao, Aceh, Timor Timur, Pulau Batu Putih, Pulau Layang-layang dan Spratly yang turut dituntut oleh Malaysia. Bukit Golan yang subur, Kashmir yang indah kepada pelancong, Spratly yang strategik bagi dan dikatakan sarat dengan petroleum di perut buminya, tapak Masjid Babri kerana sentimen agama terdahulu – semua ini menjadi alasan bagi sengketa, perbalahan dan perebutan.”

Konflik berkepanjangan di Thailand selatan tak ada bedanya dengan konflik minoritas muslim di pulau Moro Philipina dengan organisasi MILF. Keadaan tertekan seperti ini perlu adanya atensi yang lebih dari semua umat islam dan membantu secara materi maupun moral demi mewujudkan komunitas muslim yang berdampingan damai dengan komunitas yang lainnya. Maka dari itu, penulis lewat artikel ini akan membahas secara singkat dan padat tentang sejarah panjang masuknya Islam di thailand serta keadaan sosial dan politik minoritas muslim di daerah konflik, yaitu Thailand bagian selatan.

Sejarah masuknya Islam di Thailand selatan

Karena studi ini merupakan studi agama dalam cakupan kawasan, maka Sebelum memasuki ranah antropologi-dalam hal ini keadaan sosial-politik masyarakat muslim minoritas di Thailand selatan-diperlukan pendekatan dan penelitian dari ranah sejarah. Pasalnya, studi kawasan-keagamaan mempunyai cakupan yang komplek dari sebuah kultur politik, ekonomi, bahasa, adat, sosial dll.

Islam tidak serta merta ada di negeri Siam (sekarang Thailand). Meskipun Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, akan tetapi Islam merupakan agama minoritas di daratan utama asia tenggara yang telah huni oleh Hindu dan Budha jauh sebelum Islam datang ke daerah tersebut sekitar abad ke-9, In mainland Southeast Asia, however, Islam has been a minority religion and Buddhism is a national religion. Historically the region had been dominated by Hinduism and Buddhism for centuries before the arrival of Islam around the ninth century

Hal ini sedikit bertentangan dengan apa yang dikemukakan Azyumardi Azra dalam Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Asia Tenggara, bahwa Islam masuk di Thailand diperkirakan pada Abad ke-10 atau ke-11, di kawasan Thailand selatan atau tepatnya di daerah Pattani. Islampun masuk ke daerah kerajaan Pattani melalui pedagang-pedagang muslim dari Arab dan India, karena daerah Pattani merupakan daerah yang maju dan strategis untuk disinggahi. yang mana mereka disebut sebagai khek Islam atau orang muslim sebelum kerajaan Siam (Thailand) dibentuk. Karena pada awalnya, Pattani merupakan daerah yang terpisah dari Siam (saat ini Thailand), Muslims have been in Thailand since before the formation of the Thai kingdoms in the ninth century.

Pada mulanya, Pattani sendiri merupakan kerajaan yang terletak di sebelah selatan Thailand dengan mayoritas penduduk melayu yang dipimpin oleh penguasa muslim yang bernama Sulaiman. dan Siam pada waktu itu berusaha untuk menguasai Pattani dengan mengirimkan pasukannya berkali kali akan tetapi selalu gagal. Hingga pada pemerintahan Sultan Muzhaffar, Pattani menuju zaman keemasannya, sehinnga menarik ketamakan Siam untuk kembali meguasaii Pattani dan akhirnya dapat menguasainya setelah perang bertahun tahun.

Dari sinilah permulaan pemberontakan kaum muslim Pattani untuk melepaskan diri dari Thailand yang telah menguasainya. Pasalnya, Siam bersikap keras dan menekan kaum minoritas muslim dengan menyuruh mengganti nama nama mereka dengan nama Thailand serta mengambi adat istiadatnya


Kehidupan Sosio-Politik Minoritas Muslim Thailand

Pada tahun 1982 diadakan pertemuan di Malaka yang diikuti oleh utusan beberapa negara Asia tenggara termasuk Thailand. Pada kesempatan itu, hadir 800 melayu muslim Thailand dan terdapat bebrapa lulusan Al Azhar mesir. Mereka berceramah tentang kehidupan minoritas Muslim di Thailand. Secara geografis, umat Muslim di Thailand bertempat di empat wilayah selatan Thailand yaitu;

Patani
Yala
Narathiwat
Satun
Dengan jumlah penduduk melayu muslim di Thailand 710.906, dan jumlah umat muslim keseluruhan di Patani lebih dari 3 juta jiwa. Sedangkan mayoritas penduduknya beragama Budha.[12] Kaum muslim di Thailand sendiri terbagi menjadi 2 bagian. Muslim melayu dan muslim non melayu. Dengan persentase 80% : 20%.[13]

Dalam tatanan sosial, muslimin Thailand mendapatkan julukan yang kurang enak untuk didengar. Yaitu khaek yang berarti orang luar, pendatang atau tamu. Meskipun pada mulanya khaek merupakan term untuk makro-etnis bagi orang selain Thai tapi lama kelamaan term tersebut dipakai pemerintah untuk mendeskripsikan kaum melayu-muslim diselatan Thailand.[14]

Hingga istilah Thai-Islam dibuat pada 1940-an. Akan tetapi istilah ini menimblkan kontradiksi karena istilah “Thai” merupakan sinonim dari kata “Budha” sedangkan “Islam” identik dengan kaum muslim melayu pada waktu itu. Jadi bagaimana mungkin seseorang menjadi budha dan muslim pada satu waktu? Maka dari itu kaum muslim melayu lebih suka dipanggil Malay-Islam,

‘The problem is that, while the word “Thai” is synonymous with “Buddhism”, for the Malay-Muslims the word “Muslim” also means “Malay.” So how can they be both “Thai” and “Islam”? The category of “Thai-Islam”, therefore, has been regarded as insensitive, if not an insult, on the part of the Thai government by the Muslims, especially those in the South. They prefer to be called by the historically and politically correct term Malay-Muslims’

Dari problem rasial seperti di atas, timbullah pengelompokan kaum muslim di thailand menjadi 2 golongan.

Pertama, assimilated group. Atau golongan yang terasimilasi atau berbaur dengan kaum mayoritas yaitu agama masyarakat Thai-Budha pada segala bidang tatanan kehidupan hanya saja tidak sampai pada masalah keagamaan.

Kedua, unassimilated group. Atau golongan yang tidak berbaur namun menyendiri di Thailand bagian selatan. Yang masih menunjukkan kultur melayu-Islam pada nama, bahasa dan adat. Golongan ini bertempat tinggal di daerah Yala, Narathiwat dan Pattani. Kecuali daerah Satun yang sudah terasimilasi dengan kelompok mayoritas Thai.

Dalam kaca mata historis, kehidpan sosio-politik kaum muslim Thailand selatan khususnya di patani bisa dibagi menjadi tiga fase.


Fase kerajaan melayu Pattani

Menurut A.Teeuw dan Wyatt kerajaan ini berdiri sendiri tanpa aturan dari kerajaan Siam atau Thailand. Fase ini dimulai sekitar abad ke-14. dimana kerajaan melayu patani telah dibentuk,

“A.Teeuw dan Wyatt berpendapat bahawa Patani telah ditubuhkan sekitar pertengahan abad ke-14 dan ke-15. Pendapat mereka berasaskan kepada tulisan Tomes Pires dan lawatan Laksamana Cheng Ho ke rantau ini dalam tahun 1404-1433 T.M. (Teeuw & Wyatt 1970,3). Mengikut Hikayat Patani pula, Kerajaan Melayu Patani berasal dari kerajaan Melayu yang berpusat di Kota Mahligai yang diperintah oleh Phya Tu Kerab Mahayana (Teeuw & Wyatt 1970,6cool.”[17]

Kehidupan Pattani di semenanjung Siam yang strategis menjadi tujuan pedagang pedagang dari berbagai penjuru dunia, sehingga menjadikan patani daratan yang ramai dan sibuk. Sehingga dalam waktu yang singkat patani telah menjadi kerajaan yang kuat dan ramai dari segi ekonomi maupun politik. Hubungan patani dengan luar negeri yang baik menjadikannya selamat dari penjajahan negara Siam, Portugis dan Belanda.

Islam masuk di kerajaan Melayu-Pattani sekitar abad ke-13. historically, the muslim presence in traditional thai polity is traceable to the 13th century in the Sukhothai era. It was, however, during the Ayutthayant period that muslim asserted their dominan position. Nik Anuar Nik Mahmud menambahkan bahwa Islam masuk ke kerajaan patani pada abad ke-13 dan lebih awal dari malaka, Islam telah bertapak di Patani lebih awal daripada Melaka (Mills 1930). Dalam hal ini, Teeuw danWyatt berkeyakinan bahawa Islam telah bertapak di Kuala Berang, Terengganu, iaitupada sekitar 1386- 87 T.M. (Teeuw & Wyatt 1970, 4).

Keadaan yang seperti ini menjadikan kerjaan melayu patani menjadi tuuan para pedagang pedagang muslim maupun non muslim dari belahan bumi barat dan menancapkan ajaran agama Islam pada sekitar abad ke-13.



Fase kerajaan Melayu-Pattani dalam kekuasaan kerajaan Siam

Fase ini dibagi menjadi beberapa bagian dimana kerajaan melayu Pattani mendapatkan hak otonomi dari kerajaan Siam sebelum tahun 1808 M. Dan lambat laun mendapat pengaruh dari Sukhotai. Penjelasan struktur melayu patani di bawah kekuasan Thailand ada pada data berikut ini,

Pre-1808 Patani was an autonomous state and gradually came under Sukhothai influence as a vassal state and under Ayutthaya control as a tributary state.

1808 Bangkok ruled and divided Patani into 7 muang [states]: (1) Patani (2) Nongchik (3)Yaring (4) Raman (5) Yala (6) Saiburi (7) Rangae

1832 and 1838 Revolts in the “Seven States”
1901 Bangkok under Rama V launched a central administration of the provinces and issued the “Regulations Concerning the Administration of the Area of the Seven Provinces” which aimed at increasing centralized Thai control over the area.

1902 Raja of Patani, Abdul Kadir, led a rebellion against the Thai Reform.

1906 The “Seven States” were made into a Circle[monthon] Patani

1909 The Anglo-Siamese Agreement established the present border between Thailand and Malaysia.

1932 Revolution overthrew the monarchy
1933 Abolished the Circle system; re-organization of the southernmost area into (1) Pattani Province (2) Yala Province (3) Narathiwat Province and (4) Satun Province

Dari data di atas terlihat jelas bahwa muslim Pattani menjadi minoritas yang sepenuhnya diatur dibawah kekuasaan Thailand. Hingga pada akhirnya muslim Thailand yang berada di wilayah selatan Thailand dibagi dalam empat propinsi, Patani, Yala, Narathiwat dan Patun.


Fase modern muslim Thailand selatan

Dimana masuknya pengaruh pengaruh barat pada awal abad ke-19 telah merubah Siam menjadi modern pada berbagai bidang, ekonomi, politik dan pendidikan. After years under colonial rule-both direct and indirect in the case of Siam or Thailand-the society and politics of the region had been shaped largely by modernization, including an invention of a centralized administrative government, a modern education system and a modern economy.

Hal serupa telah memberi pengaruh pada generasi muda muslim Thailand selatan yang selama ini dalam kekuasaan Thailand dan menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri mereka untuk menjadi merdeka dan berdiri sendiri dari kekangan Thailand, Thus, it can be said that the Western impact that drove Siam to secure its independence and modernization also gave the Malay-Muslim states an opportunity to assert its own autonomous state and religion vis-à-vis the modernized Thai nation-state

Dimulailah perjuangan utuk menuntut kemerdekaan bagi wilayah muslim Thailand pattani dan empat wilayah lainnya di Thailand selatan. Kesempatan untuk merdeka semakin terbuka lebar ketika terjadi terjadi perang pasifik dengan Thailand dan Jepang melawan Britain dan Amerika. Setelah kekalahan Britain di melayu dan kekalahan Amerika di Hawai, pada 21 Disember 1941, Pibul Songgram berpihak kepada Jepang. Sebagai imbalan, Jepang berjanji akan menyerahkan wilayah melayu utara, Kelantan, Kedah, Trengganu dan Perlis Kepada Thailand.

Pada 25 januari 1941, Thailand mengobarkan perang melawan Britain, akan tetapi berbeda dengan Amerika yang membiarkan kedua negara tersebut bertikai. Hal ini dimanfaatkan oleh Pattani dan wilayah muslim Thailand selatan untuk memanfaatkan Britain membantu mereka merdeka dari belenggu Thailand dan dipimpin oleh tengku Muhyidin.

Akan tetapi Britain mempunyai kehendak lain dibalik perseteruannya dengan Thailand sehingga tengku Muhyidin sadar bahwasanya dirinya telah menajadi mangsa percaturan politik Britain-Thailand.

Kegagalan tengku Muhyidin dalam membebaskan wilayah selatan Thailand telah menggalakkan ulama muslim untuk turun berjuang di wilayah terbuka. Akan tetapi mereka sadar bahwa keadaan politik yang ada menjadikan mereka sulit untuk mendapatkan kemerdekaan. Lebih lebih ketika Britain dan Amerika mengakui kedaulatan Thailand pada 1 janurai 1941. Hal ini menyisakan satu solusi bagi umat muslim di Thailand selatan, yaitu menuntut otonomi penuh bagi empat wilayah Thailand selatan dari penguasa thailand.


Perjuangan belum berakhir.

Kegagalan merebut kemerdekaan bagi wilalyah muslim di Thailand selatan telah memunculkan gerakan gerakan baru yang lebih besar. Pada tahun 1950 dan seterusnya hubungan melayu muslim Thailand selatan dengan penguasa Thailand diliputi ketidakpercayaan, kecurigaan dan kesalahpahaman yang berlarut larut. Hal itu dikarenakan ketidak setujuan komunitas muslim pada aturan aturan dan proses asimilasi yang dilakukan oleh pemerintah Thailand kepada komunitas muslim,

“From the late 1950s to the present, relations between the Malay-Muslims of the South and Thai authorities have been relatively the same. Mistrust, patronizing and misunderstanding on the part of the government officials are still prevalent. Fear, resentment and disapproving of Thai rule and power are also rampant among the Malay-Muslims. Similar policies aimed at integration and assimilation of the Muslims are still being prescribed to the local offices.”

Pada tahun 1970, diberlakukan operasi pembersihan gerakan anti-pemerintah diwilayah muslim Thailand selatan. Keadaan menekan tersebut menimbulkan reaksi keras dari komunitas muslim dengan bermunculannya gerakan pemberontakan dan pembebasan wilayah muslim Thailand selatan; Barisan Nasional Pembebasan Pattani (BNPP), Barisan Revolusi Nasional (BRN), Bertubuhan perpaduan Pembebasan Pattani (PPPP) atau PULO. Yang menjadi motor pergerakan pembebasan muslim Pattani dan wilayah muslim lainnya.

Akan tetapi, Pergolakan menahun antara muslim minoritas dengan pemerintah, menurut Patrick Jory, sebenarnya adalah perseteruan dua etnis, Melayu-Pattani dengan etnis “Thai” sebagai mayoritas. Akan tetapi mengapa pada saat ini menggunakan label agama “Islam”? Masih menurut Patrick Jory, bahwa pada masa kolonial, pemerintah berusaha untuk menghilangkan istilah “Malay” (melayu) pada masyarakat Thailand selatan dan menggantinya menjadi “Thai-Muslim” atau “Thai-Islam”. Karena identitas melayu akan memberikan kekuatan menumbuhkan semangat nasionalisme dan berusaha berpisah dari pemerintah Thailand, it feared that with the new, post-colonial logicof nation-based states, recognition of the people of the region as “malay” might give credibility to demands for the separate malay state.[26] Dan diharapkan dengan pergantian linguistik tersebut, gerakan asimilasi malay-muslim dengan thai-budha akan tercapai, the government has attempted to replace it with the religious label “Thai-Muslim” in the hope that this linguistic change would contribute to the overall goal of assimilation.

Terlepas dari konflik etno-religious yang terjadi, umat muslim di Thailand selatan di masa kontemporer ini telah mengalami peningkatan yang signifikan di berbagai bidang. Meskipun tetap berada dalam tekanan dan diskriminasi dari pemerintah Thailand. Muslim di thailand bukanlah komunitas baru dan juga bukan komunitas yang dipinggirkan. Maka dari itu muslim di thailand saat ini adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat Thailan secara keseluruhan dan tetap menjadi minoritas di berbagai bidang, sosial maupun politik. The muslims today just as the past continue to be numerically and politically significant as national minority in modern-day Thailand.


Epilog.

Msulim di Thailand mempunyai sejarah tersendiri yang bisa dibilang tragis dan berliku. Mulai dari abad ke-13 dimana Agama Islam menapakkan kakinya di kerajaan Pattani dan kemudian menjadi mayoritas di wilayah tersebut. Masyarakat muslim Thailand saat ini telah menjadi bagian integral dari keseluruhan pemerintahan dan komunitas Thailand dari beberapa abad yang lalu. Secara historis, kultur dan ekonomi, masyarakat minoritas muslim di Thailand selatan telah mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Akan tetapi mereka tetap berusaha menjadi bagian komunitas yang dipahami.

Hal itu berangkat daari background masyarakat muslim sendiri, yaitu komunitas melayu Pattani yang dari awalnya berdiri sendiri dan kemudian dikuasai oleh Siam atau Thailand. Dan saat ini, dimana modernisme merambah semua negara dan Thailand menjadi negara demokrasi, muslim Thailand mulai dipandang positif oleh komunitas yang lainnya. Hal ini memunculkan era baru antara muslim-pemerintah yang memberikan ruang lebih luas bagi umat muslim Thailand merambah dunia politik dan ekonomi. Hal ini tampak dari pertumbuhan masjid di Thailand yang berkembang pesat; Bangkok 159 masjid, Krabi 144 masjid, Narathiwat 447 masjid, Pattani 544 masjid, Yala 308 masjid, Songkhla 204 masjid, Satun 147 masjid.[29] Dan beberapa masjid di berbagai kota di thailand. Biarpun begitu, minoritas muslim thailand masih jauh dari kelapangan dalam hidup. Karena mereka tetap menjadi minoritas yang mendapatkan tekanan dan diskriminasi yang tak henti henti.

Wallahu a’lam bisshawab…